Buat anda pemakai motor bebek
Yamaha Vega R New yang suka tarik gas
dalam-dalam saat berangkat
sekolah maupun kerja atau hanya sekedar wira-wiri di jalan dengan kecepatan
tinggi pasti rasanya kurang adrenalin kalau cuma memakai motor dengan performa
bawaan dari pabrik, karena memang spesifikasi mesin dari pabrik bukan untuk
ajang kebut-kebutan dan sejenisnya, melainkan hanya untuk keliling jualan sayur
atau ngangkut emak pergi ke pasar. Maka dari itu saya akan membagikan sedikit
resep untuk meningkatkan performa mesin motor anda Yamaha Vega R New, mulai
dari menambah kapasitas ruang bakar, modifikasi Noken as, Porting in-ex, modifikasi perangkat kopling dan knalpot .
BORE UP 120 CC
PISTON KAZE R |
Langkah untuk menambah kapasitas ruang bakar, tanpa harus mengganti
liner/boring kita bisa mem-bore up blok boring dan membenamkan piston Jupiter Z
over size 200 (53mm) atau
pakai piston kaze r (53mm), saya rasa kalau cuma untuk harian tidaklah
harus menggunakan piston besar-besar. maka kita sudah mendapat volume 120 cc di
dalam ruang bakar kita.
Jika anda ingin meningkatkan
tekanan udara di dalam ruang bakar (kompresi) anda bisa memapas blok boring
sebanyak 1,5mm kemudian membuat jenong pistonnya 1,5mm jg, jangan lupa membuat
coakan klep pada atap piston agar tidak terjadi tabrak lari antara piston dan
klep,,,,hahahaha.
MODIFIKASI NOKEN AS
NOKEN AS KAWAHARA |
Untuk
yang satu ini memang bukan perkara mudah, maka saya sarankan anda untuk
mengerti dulu mengenai prinsip-prinsip dan cara kerja noken as sebelum anda
menyalakan mesin papas noken yang akan anda gunakan untuk memodifikasi noken
as, karena sedikit kesalahan saja bisa mengurangi performa mesin motor anda.
Baiklah saya anggap anda sudah mengerti mengenai seluk beluk noken as, sekarang
anda bisa memapas bokong noken as std bawaan pabrik sebanyak 1mm (sesuai
kebutuhan) untuk merubah tinggi lift dan merubah durasi.
Untuk
spesifikasi mesin korek harian agar tetap irit BBM anda tidak perlu menggunakan
durasi tinggi. Durasi yang sesuai untuk mesin Jupi/Vega korek harian berkisar
250 derajat, LSA 110 derajat dan masih mengadopsi bentuk lift bawaan pabrik.
Lebih
praktisnya anda juga bisa langsung membeli noken as jadi, alias racing yang
banyak dijual di pasaran
contohnya pakek noken as kawahara k2 itu sudah cukup, hehehe,, tapi
mahal juga sih...!!!!!
Porting IN-EX
PORTING IN EX TANPA MERUBAH KLEP |
Meningkatkan performa mesin dengan cara merubah lubang intake dan lubang
exhaust ini wajib dilakukan untuk melancarkan suplai gas bakar yang akan masuk
ke dalam ruang bakar dan membuang sisa pembakaran ke knalpot agr lebih
maksimal.
Anda
bisa menggunakan bor tuner untuk memodifikasi bagian ini, dengan cara
memperlebar diameter sitting lubang intake 1 mm. dinding lubang intake tetap
kita biarkan kasar seperti kulit jeruk, agar butiran-butiran bahan bakar
menjadi kecil-kecil, sehingga oplosan udara dan bahan bakar akan lebih
sempurna. Untuk lubang exhaust anda bisa memperbesar diameter sittingnya 1 mm
juga, pada bagian paling ujung yg dekat dengan leher knalpot tidak perlu
diperbesar, cukup merubah bentuk lubangnya sehingga menjadi lingkaran sempurna
dan dinding lorongnya dihaluskan agar sisa-sisa pembakaran langsung terbuang ke
knalpot (tidak menempel pada dinding lubang porting exhaust). Area sekitar
boshing klep juga harus dirapikan, karena di bagian ini lorong porting
menyempit dan menghambat aliran udara.
Modifikasi Perangkat Kopling
PER KOPLING CLD |
Kini
saatnya bermain diseputar blok kopling dengan mengganti per kopling standart
Jupi/Vega anda dengan per kopling Yamaha RX king, langkah ini dilakukan agar
perangkat kopling lebih responsif dan mencegah terjadinya slip kopling. Atau sekarang lagi jamannya
road race , anda bisa memakai per kopling CLD atau kawahara agar makin mak nyut
nyut. hehehe
Modifikasi knalpot
KNALPOT JUPI BOBOKAN |
Kini jamannya knalpot berisik yang
tidak menabah HP sama sekali . Tak perlu keluar duit banyak-banyak apa lagi
memberi uang ke polisi karena knalpot anda tidak standar, untuk motor vega anda
cukup dengan membobok knalpot standar anda , sudah menambah tarikan makin nyut
dah.. bisa di coba .. hehehe
Nah
itu sedikit ulasan mengenai cara korek harian murah meriah motor Vega
anda,,,,sebelum saya pamit, saya mohon maaf bila tulisan saya ini
berantakan,,,maklum lah blogger kemaren sore hehehe... (ADMIN-SANDI)
0 komentar: