SANDI DWI ARISENO

Laki-laki, 25 OKTOBER 1995

MAGETAN, INDONESIA

Banggalah pada dirimu sendiri, Meski ada yang tak Menyukai. Kadang mereka membenci karena Mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.
::
WELCOME
OTO-MADIUN BLOG VERSION
Shutdown

Navbar3

Search This Blog

Senin, 08 Juni 2015

Satria F dengan Karburator PE 28 "Si Primadona"



Selamat datang maniak speed lover…. kenalin nama saya Jehan Bima Akbar biasa dipanggil jehan saja. Disini saya akan berbagi tips setting karbu khususnya PE 28 untuk satria fu………
Karburator RX-KING 135cc
Berawal dari ketidakpuasan terhadap karbu vacum mikuni BS26 std satria fu. Yang tarikannya lemot + Top speed nggak maksimal. Ane putusin buat jauh-jauhin tu karbu dari Fu Ane, Alias Ganti Karbu. Hehehe… 
Pilihan pertama, ane coba karbu RX-King Ori, tetap menggunakan PJ/MJ standart. Alhasil tarikan Fu ane jadi lebih bringas + nendang-nendang. Untuk menambah akselerasi  yang lebih cepat,Per kopling std ane lengserkan dan tergantikan oleh per kopling Raider 150 merk Kawahara.
Porting Polish jg tk lupa ane terapin untuk memperlancar suplay bahan bakar ke ruang pembakaran serta menambah power dan topspeed. Dari modif kecil-kecilan tadi, ane dpt peroleh topspeed 152km/jm. Lumayan memuaskan sih utk mtor std dan yang pasti siap adu betot sama mtor cc 150an lainnya…Xixixixixi :D
Karburator PE 28 ane

Baru seminggu menggunakan Karbu RK-King, Virus baru datang lagi, kenalin yang satu ini namanya PE 28 NSR SP Thailand. Pasti sudah pada nggak asing lagi nama karbu ini di telinga para speedlover lainnya. Untuk karbu yang satu ini, banyak yang ane rubah dari standartnya..mulai dr PJ/MJ yang aslinya 152/42 ane ganti 115/40 (mainjet udah pake pwk punya). Kemudian lanjuuuut dengat bubut bagian moncong depan dan belakang karbu,yang bertujuan untuk memperlancar debit udara yang masuk.
Untuk dalemannya ane pake Head nozzle pwk 18 lubang,kemudian nozzle dan jarum skep ane tetap pertahanin yang std’nya. Tak brhenti di situ saja,ane juga bor moncong depan karbu buat tempat power jet..Power jet saya buat dari pilot jet std satria f. Langsung saja ke inti….Cara setting karbu PE 28 di satria fu, yang pertama jagang tengah motor, kemudian hidupkan motor dengan stelan gas pada rpm 3000..kalo sudah, lanjuutt dengan menutup setelan angin pada karbu sampai mentok..lalu perlahan buka setelan angin tadi kearah kiri sambil memperhatikan teriakan suara mesin. Bila suara mesin sudah langsam dan pada rpm jarumnya stabil, berarti settingan sudah ketemu..biasanya 1-1,5 putaran ke kiri stelannya sudah ketemu. Untuk benar-benar memastikan setelan karbu sudah pas, bisa anda check warna busi setelan mesin anda gas sampai rpm tertinggi..warna busi yang menunjukkan hasil terbaik yaitu berwarna Merah Bata/coklat .Alhasil Topspeed,Akselerasi, dan nafas bawah sampai atasnya jadi ngisi terussss….mannntaappp…!!!
Topspeed 158km/jm mampu tercapai dengan mudah pada Fu ane..itu aja masih kepentok sma limiter cdi std  satria f  . Soal Jetting Pe 28 yg sering dipakai orang awam bisanya PJ/MJ 115/38, 118/38, 120/40, 122/42..Tp utk Karbu Pe inyong, ane pasang PJ/MJ 115/40 + power jet dr PJ std stria fu..setiap karakter motor pasti minta settingan PJ/MJ yang berbeda-beda, tidak hanya karena oprekan mesin yang diterapin berbeda dengan yang lainnya, tapi juga bisa karna suhu di daerah sobat-sobat yang berbeda pula..

Demikian yang bisa saya share buat maniak speed lover semuannya..bila ada kesalahan dalam isi artikel ini, saya jangan dimarahin ya Kaka’ :D tetap berinovasi dan slalu berpikir kreatif, Salam satu aspal….
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

28 komentar:

Unknown mengatakan...

Kalo pakai piston scorpio klep standar karbu pe 28 mj sama pjnya berapa ya

Unknown mengatakan...

bang, mohon sarannya saya tgl 25 kemaren beli karbu PE 28 TDR(Ninja) tapi buat saya pasang di motor satria FU 2013, nah ketika saya kombinasiin karbu PE 28 TDR(Ninja)+CDI Brt+Busi racing knapa kok karbunya brebet yah bang ?? saya sudah ganti pilot jet dan mine jet nya jadi 50+152 tapi masih brebet juga., tarikan gigi 3,4 ke atas langsung limit.. mohon saran nya bang maklum saya masih awam soal karbu PE 28. TERIMAKASIH

Unknown mengatakan...

bang, mohon sarannya saya tgl 25 kemaren beli karbu PE 28 TDR(Ninja) tapi buat saya pasang di motor satria FU 2013, nah ketika saya kombinasiin karbu PE 28 TDR(Ninja)+CDI Brt+Busi racing knapa kok karbunya brebet yah bang ?? saya sudah ganti pilot jet dan mine jet nya jadi 50+152 tapi masih brebet juga., tarikan gigi 3,4 ke atas langsung limit.. mohon saran nya bang maklum saya masih awam soal karbu PE 28. TERIMAKASIH

Unknown mengatakan...

Pilot jet dan main jetnya kebesaran.

aliang emy mengatakan...

gan kalo fu saya lobang out innya udah korekan larbu pe ukuran yg pas main jet sma pilot jetnya brapa ya

Unknown mengatakan...

Coba aja pj nya 42 mj nya pake mj std fu

Unknown mengatakan...

bang fu saya karbu x udh soak kalau saya gnti karbu pe 28 gmn.. cocok gk untuk fu thun 2014

Alvin mengatakan...

Fu ane udah ganti karbu pe28 nih bg tapi masih standart semua topspeed cuma 121km/jam...pj/mj yg cocok kira"ukuran berapa bg??

Unknown mengatakan...

Pj ksh 42 mj na 120 aj bos. Trkn atas bwh ngsi. Cm stingan na jgn d bkin langsam. Cs klo lngsm gk trun na gk sesui.setingan buka 1setengah putran aj.... Klo gk 2putran. Jos kl di porting poles head bos. Gigi 5 bisa nympe 140

Unknown mengatakan...

Siank bg... aku dah ganti karbu pe niie... tpi msih standart... cuman top speednya di bawah 100

Masalahnya karbunya brebet... gigi 1 2 3 4 nya ngk normal...
ngk enak lah bg... ad solusinya bg biar ngk brebet

Unknown mengatakan...

Karbu PE tapi pake mj nya 138 trus pj nya 48 pas ngga kira kira buat satria

Unknown mengatakan...

Madiun mana om?

Unknown mengatakan...

0m, saya baru beli karbu pe28 kode ch29, mjnya standar fu kira2 pake pj berapa yang pas???

Unknown mengatakan...

idola aink ini mah😂😍

Unknown mengatakan...

Itu porting polishnya cuma lubang in out nya bukan bang

Unknown mengatakan...

Ganti pj 42 ..

Unknown mengatakan...

Om punua ane ko diputaran tengah kadang mati kadang idup pake karbu pe 28 tapi udh porting polish headnya yg enak pake pilot jet dan ukuran main jetnya brp ya?

Unknown mengatakan...

Buat satria fu tahun 2008 bagusnya pake karbu apa? Dan pj/mj ukuran berapa?

rizki gaul mengatakan...

Kebesaran itu pj dan mj nya bro

Unknown mengatakan...

Maaf bang saya mau tanya saya kemarin beli karbu PE 28 kws pas udah di pasang saat gas di tarik tenaga jeda bntar trus lagi mau nyaut masalah nya apa ya bang

Unknown mengatakan...

Ntaps

Unknown mengatakan...

bang manipolnya harus di ganti kah?

Unknown mengatakan...

Klo kita makek pe 28 gtu di fu trus kira karet manipol nya itu gak perlu ganti ya gan langsung makek punya nya fu bisa. Tolong di jawab ya boss mass kang. Makasih

Unknown mengatakan...

Punya ane karbu standard bisa tembus 135 bang

Unknown mengatakan...

Suhu ane abis ganti karbu pe 28, tapi ko pas gigi 3,4 pas di betot ga ada tenaga nya, itu kenapa ya? Mohon masukkan nya suhu

Unknown mengatakan...

Buat FU BoreUP 68+StrokeUP,- Pakai PE 28. settingan PJ+MJ Yg Pas Ukuran Berapa??
#MasihBelajar

Unknown mengatakan...

Mas, untuk fu stndr pj mj nya brapa ya

ABU NUSAIBAH mengatakan...

Bang, saya beli satria second taliland 2004, pakai karbu 28, tapi susah nyalanya bang, knpa ya ?

Trus antara karbu standar dan karbu 28 ples minesnya apa ya ?